Indahnya Ramadhan di Mata Pendeta Yahudi dan Kristen

Selamat siang kawan-kawan!

Bagaimana keadaannya pada siang hari ini? Sehat? Puasanya masih lancar? Kaga ada yang niat mau ngebolongin kan? Nah, itu baru kece hehehe

Gua mau nge-share berita dari http://news.detik.com/bbc/3245289/indahnya-ramadan-di-mata-pendeta-yahudi-dan-kristen?ref=yfp

Check this out…

 

Indahnya Ramadan di Mata Pendeta Yahudi dan Kristen

6b2e59f4-3583-478a-84a3-602e83d254a8

Tamu undangan lintas agama menghadiri acara buka puasa di Masjid Raya London Timur.Foto: BBC Magazine

London –

Mohamad Susilo | @susilo

Wartawan BBC Indonesia

Rabi Helen Freeman tak bisa menyembunyikan kekagumannya begitu masuk ke aula di Masjid Raya London Timur, East London Mosque.

Di hadapannya tak kurang dari 500 orang duduk bersila, menunggu buka puasa, yang setiap hari diselenggarakan di masjid ini.

“Iftar atau berbuka puasa bersama dengan komunitas seperti ini adalah salah satu bentuk kedermawanan umat Islam yang paling indah. Ini sungguh menyentuh hati saya,” kata Freeman, rabi dari West London Synagogue.

“Saya sangat terkesan … saya merasa sangat diterima, bisa menyantap hidungan bersama dengan pemeluk agama lain. Ini bisa menjadi jembatan komunikasi bagi para pemeluk agama,” katanya.

160628172419_ramadan_640x360_bbcindonesia_nocredit

Para tamu diberi kesempatan untuk melihat langsung suasana masjid.

Selama Ramadan masjid menyediakan makanan berbuka secara cuma-cuma, yang setiap hari dihadiri lebih dari 500 orang.

Rabi Freeman bersama sejumlah undangan lain sore itu menjadi tamu bagi Mfa Zaman dan Ishaque Uddin, pegiat yang sejak lama mempromosikan kerukunan antarumat beragama di London.

Senada dengan Rabi Freeman, Pendeta Tim Clapton mengatakan ketika pemeluk Islam, Kristen, dan Yahudi berbagai hidangan, pada dasarnya mereka adalah sahabat.

“Hubungan harmonis mestinya tak berhenti sampai di sini, kita harus meluaskan semangat ini ke komunitas,” kata Pendeta Clapton.

Acara buka puasa bersama diawali dengan penjelasan tentang masjid dan fungsinya untuk memberdayakan komunitas Muslim. Para tamu ini diberi kesempatan untuk masuk ke ruang salat dan menyaksikan secara langsung salat Magrib berjamaah.

Beberapa di antaranya baru pertama kali ini masuk ke masjid dan melihat bagaimana pemeluk Islam menunaikan salat.

160628172613_ramadan_640x360_bbcindonesia_nocredit

Buka puasa bersama seperti ini dinilai bisa mendorong hubungan baik antarumat beragama.

Penyelenggara buka puasa lintas agama, Zaman, mengatakan menjadi kewajiban warga Muslim untuk memperhatikan dan menjaga pemeluk Kristen dan Yahudi yang hidup di antara mereka.

“Kita harus peduli, kita harus saling menjaga,” kata Zaman.

Dengan mengutip sejarah Nabi Muhammad, Zaman mengatakan Nabi mengunjungi seorang remaja Yahudi yang sakit.

“Ini adalah teladan dan kita mestinya harus bekerja sama dan menjaga hubungan baik dengan para pemeluk agama lain,” katanya.
(nwk/nwk)

Sumber berita : http://news.detik.com/bbc/3245289/indahnya-ramadan-di-mata-pendeta-yahudi-dan-kristen?ref=yfp

 

Gimana tanggapannya atas berita yang gua share di atas? Menginspirasi? Menyejukkan hati? Mencerahkan? Subhanallah… Meresahkan? Yang bener? Mau mentungin ane? Oh tidak bisa… 😀

Bukankah bangsa kita selama ini terkenal akan rasa toleransinya? Lalu mengapa kita sekarang hanya fokus pada perbedaan saja? Menghakimi orang lain yang memiliki pandangan yang “berbeda” dan melabeli mereka dengan kata “sesat”. Bukankah perbedaan yang kita miliki merupakan anugerah? Alangkah baiknya kita menumbuhkan kembali rasa toleransi di benak kita. Tidak dengan mengancam mengirimkan laskar pentung ke tempat yang dinilai sarang maksiat dan sesat sembari mengusik ketenangan warga sekitar dengan meneriakkan “kafir” dan berbuat anarkis tetapi dengan menjunjung tinggi semangat toleransi dan tindakan nyata yang penuh cinta. Bukan begitu kawan? Asek… 😀

Ane ucapin terima kasih banyak buat Mohamad Susilo selaku wartawan BBC Indonesia dan www.news.detik.com atas beritanya di atas.

Selamat sore, selamat berpuasa ria! 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s